Lion Air
Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Lion Air | |||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|
![]() | |||||||
| |||||||
Didirikan | 19 Oktober 1999 | ||||||
Hub | Bandara Internasional Soekarno-Hatta, Jakarta | ||||||
Kota fokus | |||||||
Program frequent flyer | Lion Pasport Club | ||||||
Lounge penumpang | Lion King Lounge | ||||||
Aliansi | Wings Air | ||||||
Ukuran armada | 72(+353 pesanan) | ||||||
Kota tujuan | 61 | ||||||
Perusahaan induk | PT Lion Mentari Airlines | ||||||
Kantor pusat | Jakarta, Indonesia | ||||||
Orang penting | Rusdi Kirana, Presiden Direktur | ||||||
Situs web | www.lionair.co.id |
Daftar isi[sembunyikan] |
[sunting] Kode Data
[sunting] Armada
Armada Lion Air per Desember 2011 terdiri dari:- 55 Boeing 737-900ER (Total pemesanan 166 + 29 = 195)
- 2 Boeing 737-300 (Keluar dari armada= 2011)
- 9 Boeing 737-400 (Keluar dari armada= 2011)
- 2 Boeing 747-400
- 4 McDonnell Douglas MD-90 (Keluar dari armada= 2011)
- 201 Boeing 737 Maxs (Dalam Pemesanan)
- 12 Boeing 737-800 (Pengalihan pesanan dari seri -900ER)
- 140 Boeing 737-900ER (166 - 55 + 29 = 140)
Pesawat | Berdinas | Pesanan | Penumpang | Catatan | ||
---|---|---|---|---|---|---|
Bisnis | Ekonomi | Total | ||||
Boeing 737-300 | 2 | 0 | 0 | 149 | 149 | Keluar Dari Armada 2011 |
Boeing 737-400 | 9 | 0 | 8 | 150 | 158 | Keluar Dari Armada 2011 |
Boeing 737-800 | 0 | 12 | ? | ? | ? | Pengalihan dari seri 900ERs |
Boeing 737-900ER | 55 | 140 | 0 / 10 | 213 / 195 | 213 / 205 | Pengguna Pertama Didunia |
Boeing 737 MAX | 0 | 201 | ? | ? | ? | 201 unit dipesan ke Boeing pada 18 November 2011 |
Boeing 747-400 | 2 | 0 | 22 | 484 | 506 | |
McDonnell Douglas MD-90-30 | 4 | 0 | 8 | 153 | 161 | Keluar Dari Armada 2011 |
Total | 72 | 353 | Update Terakhir 18 Desember 2011 |
[sunting] Mantan Armada
Jenis Pesawat | Total |
---|---|
Airbus A310 | 1 |
Boeing 737-200 | 1 |
McDonnell Douglas MD-82 | 13 |
[sunting] Sejarah

Armada Boeing 737-400
Hingga pertengahan 2005, bersama dengan penerbangan internasional lainnya, Lion Air menempati Terminal 2F Bandara Soekarno-Hatta; sedangkan perusahaan penerbangan lokal atau penerbangan domestik menempati Terminal Satu. Faktor tersebut, selain mampu memberikan para penumpang kemudahan penerbangan sambungan ke Indonesia atau dari Indonesia ke tujuan internasional lainnya, juga memberikan keuntungan lebih dari segi prestise. Tetapi kemudian Lion Air dipindahkan ke Terminal 1A dan penerbangan ke Pulau Sumatera,Batam,Pangkalpinang,dan Palangkaraya dioperasikan di terminal 1B (mulai 11 Oktober 2010)hingga saat ini.Sedangkan semua penerbangan internasional Lion Air dilayani dari terminal 2E.
Pada 2005, Lion Air memiliki 24 pesawat penerbangan yang terdiri dari 19 seri McDonnell Douglas MD-82 dan 5 pesawat DHC-8-301. Untuk memenuhi layanan yang rendah biaya, Armada Lion Air didominasi oleh MD-80 karena efisiensi dan kenyamanannya. Dalam upaya meremajakan armadanya, Lion Air telah memesan 178 Boeing 737-900ER yang akan diantar bertahap dari 2007 hingga 2014. Lion Air berencana bersaing baik dengan Garuda Indonesia maupun Saudi Arabian Airlines untuk menerbangi rute-rute umroh bahkan haji dengan pesawat Boeing 747-400. 2 (dua) Pesawat Boeing 747-400 sudah masuk dalam armadanya.
[sunting] Lion Air Kini
Pada Tahun 2011 disela-sela ASEAN Summit di Nusa Dua,Bali tanggal 18 November 2011 Lion Air mengumumkan bahwa memesan 201 Pesawat Boeing 737 MAX dan 29 Pesawat Boeing 737-900ER. Pemesanan ini sekaligus mengalahkan rekor dalam hal jumlah pemesanan pesawat yang sebelumnya dipegang Maskapai Emirates.Bulan Januari 2012, terungkap bahwa beberapa pilot dan kru Lion Air menggunakan narkoba jenis sabu-sabu. Kementerian Perhubungan melalui Direktorat Jenderal Perhubungan Udara langsung mencabut lisensi kru-kru dan pilot yang terlibat. awal 2011 seorang kru kabin ditangkap Polda Metro Jaya karena kedapatan memiliki sabu-sabu, Kemudian di akhir tahun 2011, Muhammad Nasri, seorang ko-pilot dan 2 ko-pilot lainnya ditangkap dalam sebuah pesta narkoba di Tangerang, dan pada awal 2012 seorang pilot lain berinisial HA ditangkap Makassar dalam kasus yang sama.[2]
Pada 4 Februari 2012 lalu, pukul 3 dini hari WIB, seorang pilot Lion lain berinisial SS ditangkap karena kedapatan menggunakan sabu-sabu, meskipun ia harus bertugas dalam penerbangan Surabaya-Makassar-Balikpapan-Surabaya pada pukul 06:00 WIB. 3 pilot lain yang menemaninya bermain kartu tidak terbukti memakai narkoba, karena hasil tes urinnya negatif.[3]
[sunting] Galeri
[sunting] Insiden yang menimpa Lion Air
- 14 Januari 2002, Lion Air Penerbangan 386 PK-LID, Boeing 737-200 rute Jakarta-Pekanbaru-Batam gagal mengudara (take off) dan terjerembab setelah lebih dari lima meter badan pesawat meninggalkan landasan pacu di Bandara Sultan Syarif Kasim II, Pekanbaru. Tujuh orang penumpangnya luka-luka dan patah tulang.
- 31 Oktober 2003, Lion Air Penerbangan 787, MD-82 rute Ambon-Makassar-Denpasar, keluar jalur saat mendarat di Bandara Hasanuddin, Makassar.
- 3 Juli 2004, Lion Air Penerbangan 332, MD-82 rute Jakarta-Palembang mendarat tidak sempurna di Bandara Sultan Mahmud Badaruddin II, Palembang.
- 30 November 2004, Lion Air Penerbangan 538 PK-LMN, MD-82 rute Jakarta-Solo-Surabaya tergelincir saat melakukan pendaratan di Bandara Adisumarmo, Solo. 26 orang penumpangnya tewas.
- 10 Januari 2005, Lion Air Penerbangan 789, MD-82 gagal take off di Bandara Wolter Monginsidi, Kendari akibat salah satu bannya kempes.
- 3 Februari 2005, Lion Air Penerbangan 791, MD-82 rute Ambon-Makassar tergelincir saat mendarat di Bandara Hasanuddin, Makassar.
- 12 Februari 2005, Lion Air Penerbangan 1641, MD-82 rute Mataram-Surabaya ketika akan take off di Bandara Selaparang, Mataram. Roda bagian depan tergelincir keluar landasan, sekitar setengah meter di sebelah utara dari pinggir landasan pacu.
- 6 Mei 2005, Lion Air Penerbangan 778, MD-82 rute Jakarta-Makassar pecah ban saat mendarat di Bandara Hasanuddin, Makassar. Akibatnya, pilot terpaksa menghentikan pesawat di landasan pacu sebelum mencapai lapangan parkir.
- 24 Desember 2005, Lion Air Penerbangan 792, MD-82 rute Jakarta-Makassar-Gorontalo tergelincir saat melakukan pendaratan di Bandara Hasanuddin, Makassar.
- 18 Januari 2006, Lion Air Penerbangan 778, MD-82 rute Ambon-Makassar-Surabaya tergelincir saat melakukan pendaratan di Bandara Hasanuddin, Makassar.
- 4 Maret 2006, Lion Air penerbangan 8987, MD-82 rute Denpasar-Surabaya tergelincir saat mendarat di Bandara Juanda, Surabaya karena cuaca buruk.
- 7 April 2006, Lion Air Penerbangan 391, MD-82 rute Pekanbaru-Jakarta batal lepas landas karena gangguan pada roda kiri di Bandara Sultan Syarif Kasim II, Pekanbaru. Pesawat itu tak jadi lepas landas karena roda kirinya tiba-tiba tak bergerak walaupun sudah bergerak dari apron menuju ujung landasan dan siap terbang.
- 24 Desember 2006, Lion Air Penerbangan 792,PK-LIJ Boeing 737-400 rute Jakarta-Makassar-Gorontalo tergelincir saat melakukan pendaratan di Bandara Hasanuddin, Makassar.
- 19 Maret 2007, Lion Air Penerbangan 311, MD-82 rute Banjarmasin-Surabaya batal lepas landas walaupun sempat meluncur di landasan pacu Bandar Udara Sjamsudin Noor, Banjarmasin.
- 23 Februari 2009, Lion Air Penerbangan 972 PK-LIO, MD-90 rute Medan-Batam-Surabaya mendarat darurat di Bandara Hang Nadim Batam akibat macetnya roda depan. Semua penumpang selamat. [1]
- 9 Mei 2009, MD-90 Lion Air PK-LIL tergelincir di Bandara Soekarno-Hatta
- 3 November 2010, Lion Air Penerbangan 712 ,PK-LIQ Boeing 737-400 rute Jakarta-Pontianak-Jakarta tergelincir di Bandara Supadio Pontianak.
- 14 Februari 2011, Lion Air Penerbangan 598, Boeing 737-900ER rute Jakarta-Pekanbaru tergelincir saat mendarat di Bandara Sultan Syarif Kasim II, Pekan Baru.Semua Penumpang Selamat namun hal itu di tanggapi oleh Dirjen Perhubungan Darat dengan menyatakan bahwa semua pesawat jenis Boeing 737-900ER Dilarang Mendarat di Kota Pekanbaru apabila landasan basah. Lion Air memutuskan menggunakan pesawat Boeing 737-400 untuk melayani rute tersebut (Hal ini kemungkinan akan menunda niat Lion Air untuk memensiunkan Boeing 737-400)
- 15 Februari 2011, Lion Air tujuan Medan-Pekanbaru-Jakarta dengan nomor penerbangan JT 0295 berjenis Boeing 737-900 ER tergelincir di Pekanbaru pada pukul 17.00 WIB. Seluruh roda pesawat keluar dari lintasan bandara. . Seluruh penumpang tidak mengalami luka-luka.
- Pada 17 February 2011 sebuah Lion Air Boeing 737-900 ER (pesawat yang sama yang tergelincir di Pekanbaru 2 hari sebelumnya) sedang didorong oleh traktor di bandara Jakarta dan tanpa sengaja mengarah ke pesawat Lion lainnya. Pesawat mengalami kerusakan pada stabilizer bagian belakang. Tidak ada laporan korban luka.[4]
- Pada tanggal 23 Oktober 2011, Lion Air JT 673 tergelincir di Bandara Sepinggan, Balikpapan, Kalimantan Timur sekitar pukul 07.24 Wita [5].
[sunting] Referensi
- ^ Lion Air - Our Fleet (2nd Paragraph, Asia's first hybrid carrier)
- ^ "Lion air sanctioned over pilots with crystal meth". 11 Januari 2012. http://www.thejakartapost.com/news/2012/01/11/lion-air-sanctioned-over-pilots-with-crystal-meth.html.
- ^ "Lagi, Pilot Lion Air Nyabu Ditangkap BNN". 4 Februari 2012. http://www.mediaindonesia.com/read/2012/02/04/296223/289/101/Lagi-Pilot-Lion-Air-Nyabu-Ditangkap-BNN-.
- ^ "Lion Air Pileup Marks 3rd Runway Mishap This Week", Jakarta Globe, Jakarta, 18 February 2011.
- ^ Artikel:"Pesawat Bablas 15 M dari Runway Bandara Sepinggan, Ban Terperosok", di detik.com
Tidak ada komentar:
Posting Komentar